Fungsi lipid dalam tubuh

Asam lemak jenuh, Asam lemak tak jenuh, Garam dari asam lemak, Prostaglandin. Contohnya, asam lemak jenuh C 18 asam stearat memiliki titih didih 70 oC; suatu bentuk monoenoat asam oleat melebur pada 13 oC dan suatu bentuk dienoat asam linoleat pada -5 oC.

Pengertian, jenis, dan Fungsi Lipid Dalam Tubuh

Dalam keadaan normal, jaringan dalam tubuh menggunakan senyawa keton dengan jumlah yang sama dengan yang dihasilkan oleh hati. Lemak asli. Pada sel, trigliserida atau lemak netral dapat melalui membran sel dengan bebas, tidak seperti molekul lainnya, karena karakteristiknya yang non-polar sehingga tidak bereaksi dengan lapisan ganda fosfolipid pada membran.

Komponen permukaan sel yang berperan dalam proses interaksi antara sel dengan senyawa kimia diluar sel. Klasifikasi Lipid Senyawa-senyawa yang termasuk lipid dapat dibagi dalam beberapa golongan. Prokariota mensintesis poliprenol disebut baktoprenol yang satuan isoprenoid terminalnya yang melekat pada oksigen tetap tak jenuh, sedangkan pada poliprenol hewan dolikol isoprenoid terminalnya telah direduksi.

Gugus ini terdapat pula pada molekul koenzim A.

Fungsi Lipid

Ketika lipid yang tertelan, mereka dimetabolisme dalam usus ke dalam kilomikron. Jaringan saraf termasuk otak, mengandung cukup banyak gliserofosfolipid. Dapat berfungsi dalam proses penyusunan membrane sel dalam tubuh.

Dapat juga dibedakan berdasarkan penglihatan, yaitu lemak yang jelas-jelas terlihat seperti minyak, mentega dan yang tidak terlihat misalnya dalam susu, telur. Transpor Lipida Pada umumnya 2,5 hingga 3 jam setelah orang makan-makanan yang mengandung banyak lemak, kadar lemak dalam darah akan kembali normal.

Dari aspek teknologi makanan, lipid bertindak sebagai pelicin makanan yang berbentuk pellet, sebagai zat yang mereduksi kotoran dalam makanan dan berperan dalam kelezatan makanan. Lipid gabungan yaitu ester asam lemak yang mempunyai gugus tambahan, contohnya fosfolipid, cerebrosida. Lemak merupakan komponen utama dari membrane sistem kehidupan, Dua tipe lemak yang dapat tersaponifikasi dalam membrane memiliki suatu gugusan fosfat dalam strukturnya dan dengan demikian disebut fosfolipid.

Asam lemak jenuh bersifat lebih labil. Ester lemak meliputi zat-zat antara biokimia yang penting seperti ester lilin, turunan-turunan asam lemak tioester koenzim A, turunan-turunan asam lemak tioester ACP, dan asam lemak karnitina.

Pada hakikatnya sintesis asam lemak berasal dari asetil KoA. Di antaranya adalah: Karotenoid adalah isoprenoid sederhana yang penting yang berfungsi sebagai antioksida dan sebagai precursor vitamin A.

Sebagai lemak tubuh, trigliserida berfungsi sebagai penyimpanan energi. Properti amphipathic ini adalah dasar untuk perakitan spontan fosfolipid dalam membran bilayer dan stabilitas dinamis komponen seluler yang penting ini pameran. Diatas telah kita ketahui apa itu fungsi lemak bagi tubuh manusia.2/4/ · Fungsi Lipis Dalam Tubuh.

Pada umunya lipid merupakan konduktor panas yang terbilang jelek, sehingga lipid dalam tubuh memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya kehilangan panas tubuh. Selain itu lemak juga memiliki fungsi untuk melindungi organ-organ tubuh tertentu dari kerusakan akibat benturan atau goncangan sebagai sumber energy dan sebagai 5/5(5).

Pembawa vitamin dalam tubuh Vitamin A,D,E,K membutuhkan media untuk dipergunakan dalam tubuh dan media yang digunakan yaitu lemak.

TATANAMA LIPID Dalam pemberian nama suatu lemak, tergantung dari nama asam lemak yang diikatnya. 5/18/ · Video animasi tentang struktur dan fungsi lipid.

===== Dulu, video ini saya buat di sela-sela kuliah. Mohon maaf, seri ini hanya terdiri dari enam video dan sudah tidak dilanjutkan lagi.:) 1 Author: Rian HS. Lemak terdiri dari molekul gliserol dan tiga molekul asam lemak. Sama seperti semua lipid, molekul lemak yang terdiri dari unsur-unsur karbon, hidrogen, dan oksigen.

Lemak digunakan sebagai penyimpanan energi dalam tubuh kita. Lipid adalah vsfmorocco.com tubuh mereka mengambil bentuk fosfolipid, kolesterol dan asam lemak.

Meskipun lemak berperan dalam obesitas dan penyakit, tubuh Anda membutuhkan sejumlah lemak untuk berfungsi – juga dikenal sebagai lemak tubuh yang vsfmorocco.com: Fungsi. Metabolisme lipid adalah suatu proses pencernaan, penyerapan, transportasi, penggunaan dan ekskresi lipid di dalam tubuh mahluk hidup.

Lipid diperoleh sebagai sumber energi utamanya adalah dari lipid netral, yaitu trigliserid (ester antara gliserol dengan 3 asam lemak).

Fungsi lipid dalam tubuh
Rated 4/5 based on 73 review